Selasa, 08 Januari 2013



Cara Mencintai Badan Kita
Sobat, tahu tidak kalau makanan yang kita konsumsi setiap hari itu tidak semuanya sehat lho? tentunya sobat  tau dong gaimana efeknya makanan yang tidak sehat itu bagi tubuh kita. Tubuh dapat terjangkit berbagai penyakit yang berbahaya sampai berakibat fatal hingga menyebabkan kematian. Wah, ngeri banget kan kalau bayangin itu. Mau tau bagaimana sih cara memilih makanan yang sehat  dan baik bagi tubuh kita? Ayo kita intip bareng yuk cara hidup sehat dengan memilih makanan yang baik:
  1. 1.     Lihat Komposisinya
Jika kamu membeli produk makanan instan sebaiknya kenali dulu bahannya. Hindari makanan yang mengandung bahan MSG. Dalam makanan instan saat ini MSG disamarkan dengan mengganti nama menjadi Hidrolisa, protein hewani atau nabati dan minyak nabati.
  1. 2.     Hindari Makanan Berwarna Mencolok
Makanan yang berwarna mencolok kebanyakan menggunakan pewarna tekstil karena penjual menganggap harganya lebih murah dan bahannyapun mudah di dapat. Warna yang mencolok kebanyakan mengandung Tatrazin Cr, yang dapat menyebabkan kanker, kerusakan hati dan otak. Untuk mewaspadainya, sebaiknya memilih warna alami seperti coklat atau karamel.
  1. 3.     Mengurangi Konsumsi Minuman Sachet
Banyak mengonsumsi minuman sachet ternyata dapat membuat tulang keropos. Mengapa demikian? Hal ini disebabakan minuman-minuman sachet kebanyakan mengandung aspartam (zat berbahaya yang dapat menyebabkan tulang keropos).  jika kalian merasa tenggorokan sakit setelah mengonsumsi minuman bersachet, maka minumlah air putih sehari 8 gelas dan jika ternyata masih sakit maka  minumlah air putih ditambah dengan sedikit garam.
  1. 4.     Biasakanlah membeli makanan dengan bungkus yang alami
Dalam membeli makanan seperti gorengan dan makanan yang tak dikemas lainnya, lebih baik menggunakan bungkus yang lebih aman seperti plastik bening ataupun  kertas yang tidak ada tulisannya. Hindari  menggunakan plastik yang berwarna khususnya hitam, karena warna dalam plastik mengandung timbal (pb) yang sangaat berbahaya bagi kesehatan. Selain itu, hindari membungkus makanan dalam keadaan panas dalam plastik berwarna. Karena dengan pengaruh panas makanan, dapat mempercepat zat timbal menempel pada makanan.
  1. 5.     Banyak mengonsumsi sayur dan buah alami
Banyak di sekitar kita sayur atau  buah-buahan yang mengandung bahan semprot. Hal ini tentu saja tidak bagi kesehatan kita. Lebih baik memperoleh sayur dan buah-buahan dari hasil kebun sendiri.
  1. 6.     Olahraga teratur
Sering-seringlah meluangkan waktumu untuk berolahraga, entah itu olahraga yang sederhana mulai jogging, lari-lari, bermain dan sebagainya. Berolahraga banyak membuang racun dalam tubuh kita. so, bagi sobat  yang menginginkan pola hidup yang sehat maka rajinlah berolahraga.
Itulah tips-tips yang bisa sobat lakukan setiap hari  agar dapat hidup sehat. Karena dalam proses belajar, kesehatan sangat diutamakan terutama dalam mengkondisikan otak untuk berfikir.

0 komentar:

Posting Komentar

Design by BlogSpotDesign | Ngetik Dot Com