Jumat, 09 November 2012

Mind Maping


Mind Map Pencipta Mental Computer Printout 





Ketidakmampuan memproses informasi secara optimal di tengah derasnya arus informasi telah meyebabkan banyak individu mengalami hambatan dalam belajar ataupun bekerja. Faktanya, di lapangan menunjukan bahwa hanya sedikit individu yang mampu menangani informasi secara efektif dan menjadi pemenang di tengah persaingan yang ketat. Saat ini hambatan pemrosesan informasi terletak pada dua hal utama yaitu: proses pencatatan dan proses penyajian kembali.

            Satu – satunya bentuk pencatatan yang efektif adalah mind map. Dengan mengaplikasikan Mind Map kita dapat meringkas satu buku tebal menjadi satu lembar kertas. Waw ini mengasyikkan bukan? Tidak disangsikan lagi, bahwa Mind Map dapat meningkatkan kemampuan mengingat dan menggunakan informasi secara dramatis. Hal ini disebabkan karena Mind Map dapat menyajikan gambaran menyeluruh atas suatu hal sehingga dapat menguasai suatu hal dalam waktu yang lebih singkat. Dengan kata lain Mind Map mampu memangkas waktu belajar dengan mengubah pola pencatatan linear yang memakan waktu menjadi pencatatan efektif yang sekaligus langsung dapat dipahami.

Diantara beberapa siswa yang kami wawancarai mereka menganggap bahwa cara belajar menggunakan mind mapp lebih mudah dipahami, lebih menarik dan dapat menambah ingatan  karena adanya gambar-gambar yang ditampilkan. Akan tetapi bagi yang tidak suka dengan gambar dan warna berpendapat bahwa belajar dengan menggunakan mind mapp membuat bingung karena bentuknya yang acak-acakan dan ruwet.

Menurut Ryuta Kawashima, head of the neuroscientist dari Tohoku University di jepang, pencipta brain training, pikiran (bukan otak) memiliki usianya sendiri yang berbeda dengan usia biologis individu. Jika individu menggunakan sistim Mind Map, maka ia membuat dirinya lebih muda. Sebaliknya jika individu tidak menggunakannya ia membuatnya menjadi lebih tua. Sehingga tidak berlebihan kiranya jika dikatakan bahwa aplikasi Mind Map dapat mempermuda usia pikiran anda.

Sehingga jelaslah dari berbagai manfaat Mind Map. So, buwat kita yang masih menjadi seorang pelajar tidak ada salahnya mengubah cara mencatat kita yang linier menjadi lebih berwarna dengan aplikasi Mind Map. Silahkan mencoba!!@_@


                                                                  
By : Quluq Nisa (IPA - 6)

   
         

0 komentar:

Posting Komentar

Design by BlogSpotDesign | Ngetik Dot Com